ASUS ZenPower 10050 mAh si munggil berfitur keamanan canggih

4 Jul 2015

ASUS ZenPower 10050 mAh

kebanyakan gadget hadir dengan kapasitas baterai tak sesuai kebutuhan. Jadi karenanya dalam sehari kita harus beberapa kali mengisi ulang baterai gadget kita. Untungnya sejak tahun 2001 keluar produk Power bank yang pertama kali dikenal dengan nama Power Mobile Bank , tepatnya dalam ajang Las Vegas International Consumer Electronics Show .
Sebagai gadget mania dan juga blogger tak ayal sayapun tentu membutuhkan power bank, tapi jujur selama power bank populer baru dua merk power bank yang saya miliki, yang pertama bermerk Hippo berkapasitas 6000 mAh yang saya beli seharga 250 ribuan.
Power Bank yang ke dua power bank keluaran ASUS, ya ASUS sebuah merk global yang sudah saya kenal dan pakai produknya sejak lama pada komputer saya. Kini Asus juga terjun ke bisnis smartphone dengan beberapa produknya yang fenomenal seperti Asus Zenfone dengan Ram 4 GB salah satunya.
Rupanya asus sangat jeli mambaca kebutuhan pelangganya terhadap power bank dan akhirnya Asus pun memproduksi Power bank, dan power Bank seukuran ATM itupun kini jadi power Bank ke dua yang saya miliki.
Power Bank berbanderol Rp 269.000 ini memiliki kualitas baterai mumpuni, dengan desain yang mungil, meski ukuranya mungil tetap memberikan perlindungan maksimal pada gadget kita dalam penggunaan sehari-hari. Tentu saja ukuran bodi yang hanya 215 gram dan lebar seukuran kartu atm tidak merepotkan saat dibawa bepergian.
Daya batrai yang berkrkuatan 10050 mAh juga jadi sangat handal karena bisa di pakai hingga 7 kali pada gadget saya yang daia batrenya 1400 mah, sehingga power ban k ini cukuplah untuk memasok gadget saya seharian, bahkan bisa untuk 2 hari untuk saya.
Dari inmformasi yang saya baca ASUS ZenPower yang beredar di pasaran saat ini ada 5 variasi warna, yakni Osmium Black, , Sheer Gold Glamor Red, Azure Blue, dan Brilliant Silver.

3b06dcef88add6926dc236083eb983f6_2o

Dan yang saya punya adalah ASUS ZenPower warna Sheer Gold .
Dengan ukuran sekecil ini saya bisa dengan mudah menaruh perangkat ini pada kantong celana ataupun selipan tas saya, tapai sikecil ini juga mempunyai fitur yang sangat kita butuhkan untuk keamanan gadget yang kita miliki karena menurut informasi yang saya baca Zenpower memiliki 11 fitur proteksi, yang memberikan perlindungan pada gadget, yaitu:

1. Temperature protection. Zenpower menjaga suhu baterai lithium gadget untuk tetap dalam kisaran yang aman.

2. Short circuit protection. Ini mencegah korsleting akibat arus pendek, dimana ZenPower memiliki detektor yang akan memutus jalur koneksi sehingga kejadian tersebut tak menyebabkan kerusakan pada gadget.

3. Reset protection. Tombol power pada ZenPower berguna pula untuk melakukan reset saat powerbank mengalami masalah. Fitur ini sangat jarang dimiliki powerbank pada umumnya.

4. Input over voltage protection. Fitur ini mampu mendeteksi tegangan input. Jika melebihi batas maka ZenPower akan mati secara otomatis agar powerbank dan gadget terhindar dari kerusakan.

5. Output over voltage protection. Fitur ini mampu mendeteksi tegangan output dari ZenPower, yang mencegah gadget rusak dari output tegangan yang tidak normal.

6. Input reserve direction protection. Saat kabel charger terhubung sekaligus ke input dan output, maka ZenPower akan mematikan daya dan memunculkan indikator peringatan. Ini demi mencegah terjadinya setrum yang membahayakan pengguna.

7. Over charge/over discharge protection. Saat pengisian daya penuh, ZenPower akan mematikan proses pengisian yang dapat menyebabkan baterai kelebihan atau kehabisan muatan sehingga baterai gadget lebih berumur panjang.

8. Output over current protection. Untuk mengamankan gadget, dimana ZenPower akan menghentikan arus output yang tidak normal (fluktuasi).

9. Cell PTC protection. Fitur ini dengan cepat mendeteksi suhu baterai. Jika terlalu panas maka proses charging akan dihentikan saat itu juga guna mencegah kerusakan lebih lanjut.

10. Adapter protection. ASUS PowerSafe Technology mampu memastikan konektor/kabel yang digunakan berada pada suhu aman saat proses pengechasan berlangsung.

11. JEITA protection. Teknologi cerdas yang memonitor perubahan suhu dan menyesuaikan arus listrik pengisian, sehingga powerbank ZenPower 1,8x lebih awet dibandingkan powerbank lainnya.
Untuk kualitas Baterai juga sanagtlah bagus karena memakai yang dipakai Lithium-ion Rechargable Cell, dengan rated capacity 3.6V/10.050mAh buatan produsen spesialis baterai asal Jepang yang sudah sangat terkenal dan handal yaitu Panasonic.
Hanya saja yang kurang memuaskan saya adalah durasi yang dibutuhkan untuk full charging ZenPower cukup lama yakni sekitar 6 jam, tapi walau begitu tentu wajar mengingat kapasitasnya yang 10050 mAh.
Demekianlah sedikit pengalaman saya dengan Power Bank dalam hal ini powerbank ZenPower, semoga setelah ini saya bisa memiliki produk Asus lainya yang saya idam-idamkan yaitu Zenfon dengan Ram 4 GB.


TAGS


-

Author

Follow Me